Halaman

Minggu, 07 Oktober 2012

Mengenal Apa itu Jaringan AdHoc

Baiklah para teman-teman yang haus mencari informasi dunia komputer dan informasi kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Jaringan AdHoc, jaringan ini merupakan  jaringan wireless multihop yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan,yang dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang
telah ada.Contoh mobile node itu sendiri adalah Laptop/notebook,PDA,ponsel).
Jaringan Adhoc sendiri bersifat sementara.Dibuat dan diaplikasikan pada berbagai kondisi situasi tertentu sebagai media untuk  menyebarkan dan berbagi informasi di antara sesama user yang terhubung kejaringan adhoc itu sendiri.Berikut contoh penggunaan jaringan adhoc :

  1. Jaringan Adhoc dapat digunakan pada situasi emergency atau gawat darurat didaerah yan terkena bencana seperti gempabumi yang mengakibatkan tidak adanya infastruktur yang mendukung, sehingga memerlukan jaringan komunikasi sementara untuk berbagi informasi.
  2. Misal anda menggunakan laptop dan ingin bertukar/sharing file ama kawan anda, tetapi tidak ada flashdisk ataupun sinyal wireless yang dapat digunakan untuk tujuan anda itu, anda dapat menggunakan jaringan adhoc untuk transfer file tersebut
  3. Contoh penggunaan lainnya adalah seperti yang biasa saya lakukan bersama kawan-kawan seperjuangan saya dikelas untuk bermain game local Warcraft Dota Allstars, itu loh game yang dah lama entu. Dulu saya ama kawan-kawan kalau mau maen local harus menggunakan kabel LAN dulu baru bisa maen sama”.Setelah mengetahui guna jaringan adhoc sekarang jadi make Adhoc terus dah buat main.
Keunggulan Jaringan Ad Hoc
Keunggulan jaringan ad hoc dibanding dengan jaringan seluler ataupun jaringan
infrastruktur yang ada sekarang meliputi:
1. Setting access point yang permanen ataupun backbone dari infrastruktur tidak selalu mudah, mengingat.
2. Tidak memerlukan dukungan backbone infrastruktur sehingga mudah diimplementasikan dan sangat berguna ketika infrastruktur tidak ada ataupun tidak berfungsi lagi.
3. Mobile node yang selalu bergerak (mobility) dapat mengakses informasi secara real time ketika berhubungan dengan mobile node lain, sehingga pertukaran data dan pengambilan keputusan dapat segera dilaksanakan.
4. Jaringan ad hoc ini dapat digunakan untuk waktu yang singkat (short-term usage) ataupun fleksibel terhadap suatu keperluan tertentu karena jaringan ini memang bersifat sementara.
5. Jaringan ini dapat direkonfigurasi dalam beragam topologi baik untuk jumlah user kecil hingga banyak sesuai dengan aplikasi dan instalasi (scalability). Standar jaringan ad hoc adalah IEEE 802.11 merupakan standar transmisi data wireless digital pada band frekuensi 2.4 GHz Industrial, Scientific, and Medicine (ISM), sebagai pendukung wireless LAN antara komputer portabel dan jaringan infrastruktur tetap (seluler dan PSTN). Standar ini juga menjelaskan layer fisik dan protokol MAC. Teknologi yang digunakan pada standar ini adalah direct sequence spread spectrum yang dapat mencapai laju bit hingga 11 Mbps pada band frekuensi 2.4 GHz. Pada masa yang akan datang laju bit bisa mencapai 54Mbps pada band frekuensi 5GHz. Sedangkan metode akses IEEE 802.11 protokol MAC adalah Distributed Coordination Function, yaitu protokol MAC Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA/CA).

Permasalahan akan muncul pada jaringan ad hoc seperti kasus yang terjadi pada jaringan wireless umumnya, yaitu:

=>Keterbatasan jaringan wireless itu sendiri, di mana :
1.packet loss (rugi-rugi paket) akan terjadi bila transmisi mengalami kesalahan (error).
2.kapasitas link yang bervariasi.
3.seringkali terjadi disconnection, karena tidak selalu berada dalam area cakupan.
4.bandwidth komunikasi yang terbatas.
5.terjadi distorsi pada komunikasi karena pengaruh alam.

=>Keterbatasan pergerakan mobile node, karena
1.selalu bersifat dinamis sehingga merubah topologi dan rute.

=>Keterbatasan mobile node itu sendiri, yaitu:
1.lifetime baterai yang singkat.
2.kapasitas kemampuan jangkauan mobile node.


Semoga bermanfaat.

1 komentar: